RINCIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
A.
|
Pedagogik
|
||
1.
Menguasai karakteristik peserta didik. (kompetensi
1)
|
1) Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta
didik di kelasnya.
|
a) Mengenal nama setiap anak
b) Mengetahui karakteristik setiap anak (aktif, pendiam,
pemalu, ceria, dsb.)
c)
Mengetahui
kapasitas belajar anak
d) Mengetahui tingkat intelektual/intelegensi
anak
e) Mengetahui kekhususan-kekhususan fisik pada
anak yang memungkinkan memberi pengaruh psikologis
|
|
2) Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan
yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
a) Menyiapkan kondisi siswa baik fisik maupun
psikologis agar siap belajar
|
||
3) Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang
sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar
yang berbeda.
|
a) Mengatur tempat duduk berdasarkan kebutuhan
siswa
b) Mengorganisasikan siswa agar dapat
berpartisipasi dalam kegiatan belajar
|
||
4) Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik
untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
a) Mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang
sering ditimbulkan oleh siswa baik masalah individual maupun kelompok
b) Mengetahui latar belakang kehidupan anak
|
||
5) Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta
didik.
|
Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya
|
||
6) Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu
agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut
tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
|
a) Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
b) Memberikan bantuan/perhatian kepada siswa
yang berkebutuhan khusus
|
||
2.
Pengembangan potensi peserta didik. (kompetensi 5)
|
1)
Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan
segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui
tingkat kemajuan masing-masing.
|
a) Mengolah dan menafsirkan data untuk
menetapkan taraf pencapaian studi
b) Menganalisis
data untuk menemukan kekuatan
dan kelemahan siswa dalam belajar
|
|
2)
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan
kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
a) Menumbuhkan suasana disiplin, komitmen dan
etos belajar yang tinggi
b) Mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja
atas inisiatifnya sendiri, bersikap objektif, jujur, dan terbuka.
c) Memberi kebebasan siswa untuk belajar
sendiri, siswa dapat menghindari dari cara-cara belajar yang tradisional.
|
||
3)
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran
untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta
didik.
|
a) Mengembangkan inovasi dalam pembelajaran
b) Merancang pendekatan pembelajaran yang
melibatkan partisipasi aktif siswa
c) Merancang pendekatan pembelajaran yang menstimulir dan menantang siswa untuk
berpikir (inquiry, problem solving,
proyek dsb)
|
||
4)
Guru secara aktif membantu peserta didik dalam
proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
a) Memberi perhatian terhadap masalah-masalah
yang dihadapi siswa
b) Memberi tanggapan terhadap siswa yang
mengalami kesulitan
c) Memberikan bantuan kepada siswa yang
menghadapi kesukaran
d) Mendorong siswa untuk memecahkan masalahnya
sendiri
|
||
5)
Guru dapat mengidentifikasi dengan benar
tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta
didik.
|
a) Memahami bakat , minat potensi dan kesulitan-kesulitan
belajar siswa
|
||
6)
Guru memberikan kesempatan belajar kepada
peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
|
a) Menghargai perbedaan individual setiap siswa
b) Memberikan perhatian pada siswa yang memiliki
penyimpangan (cacat fisik, pemalu, agresif, pembohong)
c) Memberi tugas tambahan kepada siswa yang
memiliki kelebihan dalam belajar atau membantu siswa yang lambat belajar
d) Mendorong kerjasama antara siswa yang lambat
dan cepat dalam belajar
|
||
7)
Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan
peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang
disampaikan.
|
a) Memfasilitasi terjadinya interaksi guru-siswa
b) Mendorong siswa agar berani mengemukakan
pendapat sendiri
c) Menggali pengalaman siswa (meminta siswa
mencerikan apa yang dibacanya)
|
||
3.
Komunikasi dengan peserta didik. (kompetensi 6)
|
1) Guru menggunakan
pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik,
termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk
menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
a) Menerapkan teknik bertanya secara tepat
b) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk
melihat pemahaman awal siswa terhadap materi yang akan dipeljari
c) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka
untuk mampu menggali reaksi siswa
d) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan evaluasi
untuk mengukur keberhasilan PBM
|
|
2) Guru memberikan
perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik,
tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
a) Menunjukan sikap terbuka terhadap respons
siswa
b) Memberikan tuntutan kepada siswa yang
memberikan pertanyaan/tanggapan kurang
tepat
|
||
3) Guru
menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir,
sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
a) Merespons positif partisipasi siswa
b) Menggunakan kata-kata sopan dalam menegur
siswa
c) Tidak mengabaikan siswa yang ingin mengajukan
pendapat
|
||
4) Guru menyajikan
kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar
pesertadidik.
|
a) Melakukan pemindahan giliran dalam proses
tanya jawab
b) Melakukan penyebaran dalam proses tanya jawab
c) Memberi kesempatan pada siswa yang pasif
untuk berpartisipasi
|
||
5) Guru
mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik
baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman
peserta didik.
|
a) Menghargai setiap perbedaan pendapat antar
siswa
b) Menunjukan hubungan antar pribadi yang
kondusif (ramah, luwes, terbuka, penuh perhatian, sabar, bersahabat)
c) Membantu siswa mengingat kembali pengalaman
atau pengetahuan yang sudah diperoleh
d) Memberikan waktu berpikir kepada anak untuk
mengungkapkan pertanyaan atau pendapatnya
|
||
6) Guru memberikan
perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap
dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
a) Pembicaraan lancar
b) Pembicaraan dapat dimengerti/runtut
c) Isyarat dan gerakan badan tepat
d) Penjelasan relevan dengan tujuan pelajaran
e) Penjelasan diberikan sesuai dengan kemampuan
siswa
|
||
B.
|
Kepribadian
|
||
Etos
Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru (kompetensi no.
10)
|
1.
Guru mengawali dan
mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
|
Senantiasa tepat waktu dalam memulai dan
mengakhiri pembelajaran
|
|
2.
Jika guru harus
meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal
produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru
lain untuk mengawasi kelas.
|
a) Memberitahukan ketidakhadirannya kepada guru
piket/guru lain
b) Memberikan tugas pengayaan kepada siswa
|
||
3.
Guru memenuhi jam
mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar
berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
|
Meminta ijin dalam melakukan kegiatan yang berkaitan
dengan pengembangan profes
|
||
4.
Guru meminta ijin dan
memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika
tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas.
|
Menyamaikan pemberitahuan secara resmi/formal
manakala berhalangan hadir dalam melaksanakan tugas pokok
|
||
5.
Guru menyelesaikan
semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai
standar yang ditetapkan.
|
Senantiasa menyelesaikan tugas tepat waktu
|
||
6.
Guru memanfaatkan waktu
luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
Mengikuti berbagai kegiatan di dalam pengembangan
profesi
|
||
7.
Guru memberikan
kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak
positif terhadap nama baik sekolah.
|
Berpartisiasi aktif dalam berbagai kegiatan sekolah
|
||
8.
Guru merasa bangga
dengan profesinya sebagai guru.
|
Merasa bangga dengan berpakaian atau mengenakan
atribut yang berkaitan dengan profesi
|
||
C
|
Sosial
|
||
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif (kompetensi no. 11)
|
1.
Guru memperlakukan semua peserta didik secara
adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa
memperdulikan faktor personal.
|
a) Dalam berinteraksi guru tidak bersikap
diskriminatif atas dar suku, agama, status sosial ekonomi.
b) Memberikan layanan terbaik kepada semua siswa
baik untuk kepentingan akademik,
pribadi maupun sosial
|
|
2.
Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan
teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua
diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
|
a) Menunjukan hubungan baik dan peduli terhadap
rekan sejawat
b) berpartisipasi aktif dalam setiap pertemuan
yang ada hubungannya dengan pekerjaan
|
||
3.
Guru sering berinteraksi dengan peserta didik
dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya:
peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
|
Memberi perhatian dan layanan belajar pada seua peseta didik dengan tidak membeda-bedakan
kemampuan akademis, asal daerah dan status ekonomi
|
||
D
|
Profesional
|
|
|
Penguasaan
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. (kompetensi no 13)
|
1.
Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan
kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi
materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
|
Senantiasa menganalisis kurikulum yang berlaku
sebelum menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran
|
|
2.
Guru menyertakan informasi yang tepat dan
mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
|
mengembangkan sumber belajar berdasarkan isu-isu
aktual/terkini
|
||
3.
Guru menyusun materi, perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang
membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
Mengorganisasikan materi sesuai dengan perkembangan
iptek dan kebutuhan peserta didik
|
||
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar