Senin, 16 September 2013

KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, SOSIAL DAN KEPRIBADIAN

RINCIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK

No
Kompetensi
Indikator
Sub Indikator
A.
Pedagogik
1.          Menguasai karakteristik peserta didik. (kompetensi  1)
1)    Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
a)      Mengenal nama setiap anak
b)      Mengetahui karakteristik setiap anak (aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb.)
c)      Mengetahui kapasitas belajar anak
d)      Mengetahui tingkat intelektual/intelegensi anak
e)      Mengetahui kekhususan-kekhususan fisik pada anak yang memungkinkan memberi pengaruh psikologis
2)       Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
a)      Menyiapkan kondisi siswa baik fisik maupun psikologis agar siap belajar
3)       Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
a)      Mengatur tempat duduk berdasarkan kebutuhan siswa
b)      Mengorganisasikan siswa agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan belajar
4)       Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
a)      Mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang sering ditimbulkan oleh siswa baik masalah individual maupun kelompok
b)      Mengetahui latar belakang kehidupan anak
5)       Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya
6)       Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
a)      Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
b)      Memberikan bantuan/perhatian kepada siswa yang berkebutuhan khusus
2.          Pengembangan potensi peserta didik. (kompetensi 5)
1)       Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
a)     Mengolah dan menafsirkan data untuk menetapkan taraf pencapaian studi
b)     Menganalisis  data  untuk menemukan kekuatan dan kelemahan siswa dalam belajar
2)       Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
a)     Menumbuhkan suasana disiplin, komitmen dan etos belajar  yang tinggi
b)     Mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri, bersikap objektif, jujur, dan terbuka.
c)     Memberi kebebasan siswa untuk belajar sendiri, siswa dapat menghindari dari cara-cara belajar yang tradisional.
3)       Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
a)     Mengembangkan inovasi dalam pembelajaran
b)     Merancang pendekatan pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa
c)     Merancang pendekatan pembelajaran  yang menstimulir dan menantang siswa untuk berpikir (inquiry, problem solving, proyek dsb)
4)       Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
a)     Memberi perhatian terhadap masalah-masalah yang dihadapi siswa
b)     Memberi tanggapan terhadap siswa yang mengalami kesulitan
c)     Memberikan bantuan kepada siswa yang menghadapi kesukaran
d)     Mendorong siswa untuk memecahkan masalahnya sendiri
5)       Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
a)     Memahami bakat , minat potensi dan kesulitan-kesulitan belajar siswa
6)       Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
a)     Menghargai perbedaan individual setiap siswa
b)     Memberikan perhatian pada siswa yang memiliki penyimpangan (cacat fisik, pemalu, agresif, pembohong)
c)     Memberi tugas tambahan kepada siswa yang memiliki kelebihan dalam belajar atau membantu siswa yang lambat belajar
d)     Mendorong kerjasama antara siswa yang lambat dan cepat dalam belajar
7)       Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
a)     Memfasilitasi terjadinya interaksi guru-siswa
b)     Mendorong siswa agar berani mengemukakan pendapat sendiri
c)     Menggali pengalaman siswa (meminta siswa mencerikan apa yang dibacanya)
3.          Komunikasi dengan peserta didik. (kompetensi 6)
1)       Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
a)     Menerapkan teknik bertanya secara tepat
b)     Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk melihat pemahaman awal siswa terhadap materi yang akan dipeljari
c)     Mengajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka untuk mampu menggali reaksi siswa
d)     Mengajukan pertanyaan-pertanyaan evaluasi untuk mengukur keberhasilan PBM
2)       Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
a)     Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa
b)     Memberikan tuntutan kepada siswa yang memberikan  pertanyaan/tanggapan kurang tepat
3)       Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
a)     Merespons positif partisipasi siswa
b)     Menggunakan kata-kata sopan dalam menegur siswa
c)     Tidak mengabaikan siswa yang ingin mengajukan pendapat
4)       Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar pesertadidik.
a)     Melakukan pemindahan giliran dalam proses tanya jawab
b)     Melakukan penyebaran dalam proses tanya jawab
c)     Memberi kesempatan pada siswa yang pasif untuk berpartisipasi
5)       Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
a)     Menghargai setiap perbedaan pendapat antar siswa
b)     Menunjukan hubungan antar pribadi yang kondusif (ramah, luwes, terbuka, penuh perhatian, sabar, bersahabat)
c)     Membantu siswa mengingat kembali pengalaman atau pengetahuan yang sudah diperoleh
d)     Memberikan waktu berpikir kepada anak untuk mengungkapkan pertanyaan atau pendapatnya
6)       Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
a)     Pembicaraan lancar
b)     Pembicaraan dapat dimengerti/runtut
c)     Isyarat dan gerakan badan tepat
d)     Penjelasan relevan dengan tujuan pelajaran
e)     Penjelasan diberikan sesuai dengan kemampuan siswa
B.
Kepribadian
Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru (kompetensi no. 10)
1.        Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
Senantiasa tepat waktu dalam memulai dan mengakhiri  pembelajaran
2.        Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
a)     Memberitahukan ketidakhadirannya kepada guru piket/guru lain
b)     Memberikan tugas pengayaan kepada siswa
3.        Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
Meminta ijin dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan profes
4.        Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
Menyamaikan pemberitahuan secara resmi/formal manakala berhalangan hadir dalam melaksanakan tugas pokok
5.        Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
Senantiasa menyelesaikan tugas tepat waktu
6.        Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
Mengikuti berbagai kegiatan di dalam pengembangan profesi
7.        Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
Berpartisiasi aktif dalam berbagai kegiatan sekolah
8.        Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
Merasa bangga dengan berpakaian atau mengenakan atribut yang berkaitan dengan profesi
C
Sosial
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif (kompetensi no. 11)
1.        Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
a)      Dalam berinteraksi guru tidak bersikap diskriminatif atas dar suku, agama, status sosial ekonomi.
b)      Memberikan layanan terbaik kepada semua siswa baik untuk kepentingan  akademik, pribadi maupun sosial 
2.        Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
a)      Menunjukan hubungan baik dan peduli terhadap rekan sejawat
b)      berpartisipasi aktif dalam setiap pertemuan yang ada hubungannya dengan pekerjaan 
3.        Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
Memberi perhatian dan layanan belajar pada seua  peseta didik dengan tidak membeda-bedakan kemampuan akademis, asal daerah dan status ekonomi
D
Profesional
Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata  pelajaran yang diampu. (kompetensi no 13)
1.        Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
Senantiasa menganalisis kurikulum yang berlaku sebelum menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran
2.        Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
mengembangkan sumber belajar berdasarkan isu-isu aktual/terkini
3.        Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
Mengorganisasikan materi sesuai dengan perkembangan iptek dan kebutuhan peserta didik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar