RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA/SMK
KELAS/SEMESTER :
X / 1
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA- WAJIB
MATERI POKOK :
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI
MUTLAK
SUB MATERI POKOK :
KONSEP NILAI MATRIK
WAKTU :
2 X 45 Menit
PERTEMUAN KE :
1 (Satu)
A. Kompetensi
Inti SMK kelas X
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan
bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.1 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku
jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar matematika.
3.1 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa
ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
4.1 Memahami dan menganalisis persamaan
linier serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
5.1 Menerapkan persamaan
linier dalam
memecahkan masalah nyata.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Sikap:
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran persamaan dan
pertidaksamaan linier.
2. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengetahuan
:
1. Menjelaskan
kembali pengertian konsep nilai
mutlak dan persamaan linier
2.
Menyatakan kembali konsep Nilai Mutlak dan Persamaan linier.
Keterampilan
:
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan konsep Nilai
Mutlak dan Persamaan linier .
D.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linier
diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat
1. Menjelaskan
kembali pengertian konsep Nilai
Mutlak dan persamaan linier secara
tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2. Menyatakan
kembali konsep Nilai Mutlak dan Persamaan linier secara
tepat dan kreatif.
3. Menjelaskan
kembali pengertian Persamaan
Linier secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol
yang benar.
4. Menyatakan
kembali konsep
Persamaan linier
secara tepat dan kreatif.
E.
Materi
Matematika
Pada saat ini, kita akan mempelajari
beberapa ilustrasi dan kasus untuk memahami dan menemukan konsep nilai mutlak
(absolut).
♦ Motivasi siswa mempelajari persamaan dan
pertidaksamaan linear dengan menunjukkan kebergunaan berbagai konsep dan aturan
matematika dalam pemecahan masalah nyata. Orientasi siswa pada situasi nyata
untuk membangun inspirasi penemuan konsep nilai mutlak. Motivasi siswa melalui
pemaparan manfaat mempelajari persamaan dan pertidaksamaan linier. Beri
kesempatan pada siswa bertanya dan mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka.
1. Menemukan Konsep Nilai Mutlak
Ilustrasi:
Kegiatan pramuka adalah salah satu
kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di sebuah sekolah. Sebuah grup pramuka
sedang belajar baris berbaris di lapangan sekolah pada hari Sabtu. Sebuah
perintah dari pimpinan pasukan: “Maju 4 langkah, jalan!”, hal ini berarti jarak
pergerakan barisan adalah 4 langkah ke depan. Jika perintah pimpinan pasukan:
“Mundur 3 langkah, jalan!”, hal ini berarti bahwa pasukan akan bergerak melawan
arah sejauh 3 langkah. Demikian seterusnya.
Besar pergerakan langkah pasukan tersebut merupakan nilai mutlak, tidak
ditentukan arah. “Maju 4 langkah”, berarti mutlak 4 langkah dari posisi diam
dan “mundur 3 langkah, berarti mutlak 3 langkah dari posisi diam. Dalam hal
ini, yang dilihat adalah nilainya, bukan arahnya. Lebih jelasnya, mari bersama-sama
mempelajari kasus-kasus di bawah ini.
♦ Uji pemahaman siswa terhadap berbagai kasus yang disajikan. Beri
kesempatan pada siswa berdiskusi dalam kelompok belajar agar mereka terlatih
bekerjasama menemukan alternatif strategi penyelesaian masalah. Arahkan siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain diberi kesempatan
menanggapi hasil kerja kelompok penyaji.
Masalah-2.1
Seorang anak bermain lompat-lompatan
di lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke depan 2 langkah, kemudian 3
langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan, kemudian 1 langkah ke
belakang, dan akhirnya 1 langkah ke belakang.
Permasalahan:
a. Dapatkah kamu membuat sketsa
lompatan anak tersebut?
b. Tentukanlah berapa langkah posisi
akhir anak tersebut dari posisi semula!
c. Tentukanlah berapa langkah yang
dijalani anak tersebut!
Alternatif Penyelesaian
Kita definisikan lompatan ke depan
adalah searah dengan sumbu x positif, dengan demikian lompatan ke
belakang adalah searah dengan sumbu x negatif.
Perhatikan sketsa berikut:
Dari gambar di atas, kita misalkan
bahwa x = 0 adalah posisi diam si anak. Anak panah yang pertama di atas
garis bilangan menunjukkan, langkah pertama si anak sejauh 2 langkah ke depan
(mengarah ke sumbu x positif), anak panah kedua menunjukkan 3 langkah si
anak ke belakang (mengarah ke sumbu x negatif) dari posisi akhir langkah
pertama, demikianlah seterusnya sampai akhirnya si anak berhenti pada langkah
ke 5.
Jadi, kita dapat melihat pergerakan
akhir si anak dari posisi awal adalah 1 langkah saja ke belakang (x =
–1). Banyak langkah yang dijalani si anak merupakan konsep nilai mutlak, karena
kita hanya menghitung banyak langkah, bukan arahnya. Banyak langkah selalu
dinyatakan dengan bilangan bulat positif walaupun arahnya ke arah sumbu x negatif.
Banyak langkah dapat dinyatakan dengan nilai mutlak dari sebuah bilangan bulat.
Misalnya mundur 3 langkah dinyatakan dengan harga mutlak negatif 3 (|-3|).
Sehingga banyak langkah anak tersebut adalah |2| + |-3| + |2| + |-1| + |-1| = 9
(9 langkah).
Tabel 2.1 Nilai Mutlak
Nilai non negatif
|
Nilai mutlak
|
Nilai negative
|
Nilai mutlak
|
0
|
0
|
-2
|
2
|
2
|
2
|
-3
|
3
|
3
|
3
|
-4
|
4
|
5
|
5
|
-5
|
5
|
-. Dari ilustrasi dan tabel di atas, dapatkah kamu
menarik sebuah kesimpulan tentang pengertian nilai mutlak tersebut?
- Jika x adalah variabel pengganti semua bilangan
real, dapatkah kamu menentukan nilai mutlak x tersebut?
Perhatikan bahwa x elemen himpunan bilangan real,
kita tuliskan dengan x ∈ R.
Dari contoh pada tabel tersebut, kita melihat bahwa nilai mutlak akan
bernilai positif atau nol. Nilai mutlak adalah jarak antara bilangan itu
dengan nol pada garis bilangan real. Perhatikan garis bilangan berikut.
Kita lakukan beberapa percobaan
Dari ilustrasi dan tabel di atas, dapatkah kamu menarik
sebuah kesimpulan tentang pengertian nilai mutlak tersebut? Jika x adalah
variabel pengganti semua bilangan real, dapatkah kamu menentukan nilai mutlak x
tersebut?
Perhatikan bahwa x elemen himpunan bilangan real,
kita tuliskan dengan x ∈ R.
Dari contoh pada tabel tersebut, kita melihat bahwa nilai mutlak akan
bernilai positif atau nol. Nilai mutlak adalah jarak antara bilangan itu
dengan nol pada garis bilangan real. Perhatikan garis bilangan berikut.
Kita lakukan beberapa percobaan perpindahan
posisi
sebagai berikut.
Gambar 2.3 Selang Nilai Mutlak
Berdasarkan Gambar 2.3 di atas, dapat
diperoleh definisi nilai mutlak berikut.
Definisi 2.1
Misalkan
x bilangan real, didefinisikan
=
Berikutnya,
kita akan mencoba menggambar grafik f(x)=
Perhatikan beberapa titik yang mewakili
grafik fungsi di atas.
Tabel 2.2 Pasangan Titik pada Fungsi
X
|
-4
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
4
|
y=f(x)
|
4
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
4
|
(x,y)
|
(-4,4)
|
(-2,2)
|
(-1,1)
|
(0,0)
|
(1,1)
|
(2,2)
|
(4,4)
|
Titik-titik yang kita peroleh pada tabel,
disajikan dalam koordinat kartesius sebagai berikut.
Gambar 2.4: Grafik y = f(x)=|x|
Berdasarkan definisi dan gambar grafik
di atas dapat kita simpulkan bahwa harga |x| pada dasarnya menyatakan
besar simpangan dari titik x = 0.
Motivasi siswa secara internal melalui menunjukkan kebergunaan
mempelajari nilai mutlak dalam kehidupan sehari-hari. Ajukan kasus berikut
untuk lebih mendalami materi. Beri kesempatan pada siswa menganalisis masalah
dan makna nilai mutlak dari
berbagai kemungkinan nilai bilangan riel.
Contoh 2.1
Gambarkan grafik f(x) = − 2 yang
menyatakan besar simpangan pada titik x = 2. Sekarang, mari kita buat
grafik f(x) = − 2 , dengan langkah-langkah berikut
Meminta siswa melengkapi tabel yang ada pada
buku siswa seperti yang tertera pada tabel di bawah ini. Selanjutnya minta
siswa menggambarkan grafik fungsi f (x) = − 2 ,
dengan langkah-langkah berikut
Langkah 1.
Buatlah tabel untuk menunjukkan pasangan titik-titik
yang mewakili grafik tersebut.
Tabel 2.3 Pasangan Titik pada Fungsi f(x) = − 2
X
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
y=f(x)
|
5
|
…
|
…
|
2
|
…
|
…
|
…
|
2
|
(x,y)
|
(-3,5)
|
…
|
…
|
(0,2)
|
…
|
…
|
…
|
(4,2)
|
Lengkapilah tabel di atas!
Langkah 2.
Letakkanlah titik-titik yang kamu peroleh
pada Tabel 2.3 pada koordinat kartesius
Gambar 2.5 Titik Grafik f(x) = |x–2|
Langkah 3.
Hubungkanlah titik-titik yang sudah kamu
letakkan di koordinat tersebut sesuai
dengan urutan nilai x.
Gambar 2.6 Titik Grafik f(x) = |x–2|
Latihan 2.1
Perhatikan grafik f (x) =
Lihatlah penyimpangan grafik
terhadap sumbu x. Dapatkah kamu beri kesimpulan? Bagaimana dengan
penyimpangan pada grafik f(x) =
terhadap sumbu x,
untuk p bilangan real.
Selanjutnya, mari kita amati hubungan antara |x| dengan
pada tabel berikut.
Tabel 2.4 Hubungan |x| dan
X
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
|
9
|
4
|
1
|
0
|
1
|
4
|
9
|
|
3
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
|
3
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
Dapatkah kamu mengambil kesimpulan hubungan antara |x|
dengan
berdasarkan tabel di atas?
Latihan 2.2
Dari definisi nilai mutlak yang kita berikan, dapatkah anda
berikan pendefinisian berikut.
=
F.
METODE /MODEL Pembelajaran Menggunakan Problem Base
Learning (PBL)
Dengan
langkah sebagai berikut :
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami nilai mutlak dan
persamaan lnier dalam memberikan
gambaran tentang aplikasi nilai mutlak dalam persamaan lnier dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Siswa diajak melakukan kegiatan
gerakan maju dan mundur sebagai awal untuk memahami konsep nilai mutlak.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu konsep nilai mutlak
|
10
menit
|
Inti
|
Fase 1
1.
Siswa mengamati bahan tayang tentang
konsep nilai mutlak konsep Nilai Mutlak
2.
Siswa memberikan komentar dengan cara
menanya terkait dengan konsep nilai mutlak
Fase 2
1.
Guru bersama-sama siswa
mengondisikan untuk membuat definisi
mengenai konsep nilai mutlak
2.
Siswa menalar tentang konsep nilai
mutlak
3.
Guru memberikan permasalahan tentang
konsep nilai mutlak dan siswa mencoba menyelesaikan permasalahan soal
nilai mutlak
Fase 3
1.
Dengan cara berkelompok, siswa
berdiskusi mengerjakan permasalahan yang berhubungan dengan konsep nilai
mutlak
Fase 4
1.
Salah satu kelompok peserta diminta
untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas, sementara kelompok
lain menanggapi dan menyempurnakan
Fase 5
1.
Guru mengumpulkan hasil diskusi siswa
2.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil
diskusikelompok tentang konsep nilai mutlak
|
70
Menit
|
Penutup
|
1.
1.Siswa diminta menyimpulkan kembali
tentang konsep nilai mutlak
2.
Guru memberikan tugas mencari beberapa
permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak dari internet
3.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
4.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
|
10
menit
|
H.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1. Penggaris, lembar kerja siswa
2. Bahan
tayang
3. Lembar
penilaian
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian :
pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian : (Penilaian Sikap, Terlampir)
J.
Instrumen
Penilaian Hasil belajar
Tes
tertulis
1. Diberikan gambar selang berikut ini:
Tentukan nilai mutlak nya?
2.
Seorang anak bermain lompat-lompatan di
lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke depan 2 langkah, kemudian 3
langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan, kemudian 1 langkah ke
belakang, dan akhirnya 1 langkah ke belakang.
Permasalahan:
a. Dapatkah kamu membuat sketsa lompatan anak tersebut?
b. Tentukanlah berapa langkah posisi akhir anak tersebut
dari posisi semula!
c. Tentukanlah berapa langkah yang dijalani anak tersebut!
WORKSHEET 1
(untuk tugas
kelompok)
3.
Permasalahan:
Gambarkan
grafik
!
Langkah-langkah
penyelesaian:
Langkah1:
1. Lengkapilah tabel di atas!
X
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
y=f(x)
|
5
|
…
|
…
|
2
|
…
|
…
|
…
|
2
|
(x,y)
|
(-3,5)
|
…
|
…
|
(0,2)
|
…
|
…
|
…
|
(4,2)
|
Langkah 2:
Letakkanlah titik-titik yang kamu peroleh
pada tabel pada koordinat kartesius
y
0
x
Langkah 3:
Pada langkah 2, kemudian hubungkanlah
titik-titik yang sudah kamu letakkan di koordinat tersebut sesuai dengan urutan
nilai x.
WORKSHEET 2
(untuk tugas
kelompok)
Perhatikan grafik di bawah ini!
Dari pasangan titik-titik yang
diberikan, tentukanlah persamaan linear yang memenuhi pasangan titik-titik
tersebut.
Catatan:
Penyekoran bersifat
holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi
juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis
(ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi
memecahkan masalah.
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran :
2013/2014
Waktu
Pengamatan : 2 x 45 Menit
Indikator sikap
aktif dalam pembelajaran trigonometri
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil
bagian dalam pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika
sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran :
2013/2014
Waktu
Pengamatan : 2 x 45 Menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai
kuadran.
1.
Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2. Terampiljika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum
tepat.
3.
Sangat terampill,jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
KUNCI JAWABAN TES TERTULIS
No
|
Soal
|
Uraian
Jawaban
|
Skor
min
|
Skor
maks
|
||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Diberikan
gambar selang berikut ini:
Tentukan nilai
mutlak nya?
|
Untuk nilai mutlaknya adalah:
3
2
|
5
|
15
|
||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Seorang anak bermain lompat-lompatan
di lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke depan 2 langkah, kemudian
3 langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan, kemudian 1 langkah ke
belakang, dan akhirnya 1 langkah ke belakang.
Permasalahan:
a. Dapatkah kamu membuat sketsa
lompatan anak tersebut?
b. Tentukanlah berapa langkah
posisi akhir anak tersebut dari posisi semula!
c. Tentukanlah berapa langkah yang
dijalani anak tersebut!
|
|2| + |-3| + |2|
+ |-1| + |-1| = 9
c. 9 langkah
a.
|
10
|
40
|
||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Gambarkan grafik f(x) = − 2 yang menyatakan
besar simpangan pada titik x = 2!
|
|
15
|
45
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
Total
skor
|
|
30
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar