A.
instrumen
Penilaian Hasil belajar
Tes
tertulis
1. Diberikan gambar selang berikut ini:
Tentukan nilai mutlak nya?
2.
Seorang anak bermain lompat-lompatan di
lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke depan 2 langkah, kemudian 3
langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan, kemudian 1 langkah ke
belakang, dan akhirnya 1 langkah ke belakang.
Permasalahan:
a. Dapatkah kamu membuat sketsa lompatan anak tersebut?
b. Tentukanlah berapa langkah posisi akhir anak tersebut
dari posisi semula!
c. Tentukanlah berapa langkah yang dijalani anak tersebut!
WORKSHEET 1 (Lembar Kreatifitas Siswa)
(untuk tugas
kelompok)
3.
Permasalahan:
Gambarkan grafik !
Langkah-langkah penyelesaian:
Langkah1:
1. Lengkapilah tabel di atas!
X
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
y=f(x)
|
5
|
…
|
…
|
2
|
…
|
…
|
…
|
2
|
(x,y)
|
(-3,5)
|
…
|
…
|
(0,2)
|
…
|
…
|
…
|
(4,2)
|
Langkah 2:
Letakkanlah titik-titik yang kamu peroleh
pada tabel pada koordinat kartesius
y
0
x
Langkah 3:
Pada langkah 2, kemudian hubungkanlah
titik-titik yang sudah kamu letakkan di koordinat tersebut sesuai dengan urutan
nilai x.
WORKSHEET 2
(untuk tugas
kelompok)
Perhatikan grafik di bawah ini!
Dari pasangan titik-titik yang
diberikan, tentukanlah persamaan linear yang memenuhi pasangan titik-titik
tersebut.
Catatan:
Penyekoran bersifat
holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi
juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis
(ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi
memecahkan masalah.
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran :
2013/2014
Waktu
Pengamatan : 2 x 45 Menit
Indikator sikap
aktif dalam pembelajaran trigonometri
1. Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan
kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika
sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran :
2013/2014
Waktu
Pengamatan : 2 x 45 Menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai
kuadran.
1. Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai
kuadran
2.
Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di
berbagai kuadrantetapi belum tepat.
3.
Sangat terampill,jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
LEMBAR PENILAIAN KREATIVITAS SISWA
Nama : ...................................
No Soal
|
Skor Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
|||
Fluency (Kelancaran)
|
Fleksibilitas (Keluwesan)
|
Elaborasi (Kejelasan)
|
Originality (Keaslian)
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
Jumlah Total
|
|
Nilai Akhir (NA) =
Keterangan :
Skor Maksimum = Skor maksimum tiap
aspek Banyaknya soal
Pedoman Penskoran Tes
Kreativitas Siswa
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Indikator
|
Fluency (Kelancaran)
|
4
|
Seluruh jawaban benar dan beberapa pendekatan/cara digunakan
|
3
|
Paling tidak dua jawaban benar diberikan dan dua cara digunakan
|
|
2
|
Paling tidak satu jawaban benar diberikan dan satu cara digunakan
|
|
1
|
Jawaban tidak lengkap atau cara yang dipakai tidak berhasil
|
|
Fleksibilitas (Keluwesan)
|
4
|
Memberikan jawaban yang beragam dan benar
|
3
|
Memberikan jawaban yang beragam tetapi salah
|
|
2
|
Memberikan jawaban yang tidak beragam tetapi benar
|
|
1
|
Memberikan jawaban yang tidak beragam tetapi salah
|
|
0
|
Tidak memberikan jawaban
|
|
Elaborasi (Kejelasan)
|
4
|
Memberikan jawaban yang rinci dan hasil benar
|
3
|
Memberikan jawaban yang rinci tetapi hasil salah
|
|
2
|
Memberikan jawaban yang tidak rinci tetapi hasil benar
|
|
1
|
Memberikan jawaban yang tidak rinci tetapi hasil salah
|
|
0
|
Sedikit atau tidak ada penyelesaian
|
|
Originality (Keaslian)
|
4
|
Cara yang dipakai berbeda dan menarik. Cara yang hanya dipakai oleh
satu atau dua siswa
|
3
|
Cara yang dipakai tidak biasa dan berhasil. Cara digunakan oleh
sedikit siswa
|
|
2
|
Cara yang dipakai merupakan solusi soal tetapi masih umum
|
|
1
|
Cara yang digunakan bukan merupakan solusi persoalan
|
KUNCI JAWABAN TES TERTULIS
No
|
Soal
|
Uraian
Jawaban
|
Skor
min
|
Skor
maks
|
|||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Diberikan
gambar selang berikut ini:
Tentukan nilai
mutlak nya?
|
Untuk nilai mutlaknya adalah:
3
2
|
5
|
15
|
|||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Seorang anak bermain
lompat-lompatan di lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke depan 2
langkah, kemudian 3 langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan,
kemudian 1 langkah ke belakang, dan akhirnya 1 langkah ke belakang.
Permasalahan:
a. Dapatkah kamu membuat sketsa
lompatan anak tersebut?
b. Tentukanlah berapa langkah
posisi akhir anak tersebut dari posisi semula!
c. Tentukanlah berapa langkah yang
dijalani anak tersebut!
|
|2| + |-3| + |2|
+ |-1| + |-1| = 9
c. 9 langkah
a.
|
10
|
40
|
|||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Gambarkan grafik f(x) = − 2 yang menyatakan
besar simpangan pada titik x = 2!
|
|
15
|
45
|
|||||||||||||||||||||||||||||
|
Total
skor
|
|
30
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar