Senin, 16 September 2013

INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR


A.    instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
1.      Diberikan gambar selang berikut ini:    
     Tentukan nilai mutlak nya?
2.      Seorang anak bermain lompat-lompatan di lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke depan 2 langkah, kemudian 3 langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan, kemudian 1 langkah ke belakang, dan akhirnya 1 langkah ke belakang.
Permasalahan:

a.       Dapatkah kamu membuat sketsa lompatan anak tersebut?
b.      Tentukanlah berapa langkah posisi akhir anak tersebut dari posisi semula!
c.       Tentukanlah berapa langkah yang dijalani anak tersebut!

WORKSHEET 1 (Lembar Kreatifitas Siswa)
(untuk tugas kelompok)
3.      Permasalahan:
Gambarkan grafik !
Langkah-langkah penyelesaian:
Langkah1:
1. Lengkapilah tabel di atas!

X
-3
-2
-1
0
1
2
3
4

y=f(x)
5
2
2

(x,y)
(-3,5)
(0,2)
(4,2)


Langkah 2:
Letakkanlah titik-titik yang kamu peroleh pada tabel pada koordinat kartesius
                                                           

                                                                        y





                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                        0
                                                                                                                                    x                                                                     





Langkah 3:
Pada langkah 2, kemudian hubungkanlah titik-titik yang sudah kamu letakkan di koordinat tersebut sesuai dengan urutan nilai x.


WORKSHEET 2
(untuk tugas kelompok)
Perhatikan grafik di bawah ini!

Dari pasangan titik-titik yang diberikan, tentukanlah persamaan linear yang memenuhi pasangan titik-titik
tersebut.
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.














LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan      : 2 x 45 Menit
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran trigonometri
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10










11










12










13










Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan      : 2 x 45 Menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.      Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.      Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum tepat.
3.      Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




24




25




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil
LEMBAR PENILAIAN KREATIVITAS SISWA

     Nama : ...................................
No Soal
Skor Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Fluency (Kelancaran)
Fleksibilitas (Keluwesan)
Elaborasi (Kejelasan)
Originality (Keaslian)
1





2





Jumlah Total


        Nilai  Akhir (NA) =  
Keterangan :
      Skor Maksimum = Skor maksimum tiap aspek  Banyaknya soal
     Pedoman Penskoran Tes Kreativitas Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor
Indikator
Fluency (Kelancaran)
4
Seluruh jawaban benar dan beberapa pendekatan/cara digunakan
3
Paling tidak dua jawaban benar diberikan dan dua cara digunakan
2
Paling tidak satu jawaban benar diberikan dan satu cara digunakan
1
Jawaban tidak lengkap atau cara yang dipakai tidak berhasil
Fleksibilitas (Keluwesan)
4
Memberikan jawaban yang beragam dan benar
3
Memberikan jawaban yang beragam tetapi salah
2
Memberikan jawaban yang tidak beragam tetapi benar
1
Memberikan jawaban yang tidak beragam tetapi salah
0
Tidak memberikan jawaban
Elaborasi (Kejelasan)
4
Memberikan jawaban yang rinci dan hasil benar
3
Memberikan jawaban yang rinci tetapi hasil salah
2
Memberikan jawaban yang tidak rinci tetapi hasil benar
1
Memberikan jawaban yang tidak rinci tetapi hasil salah
0
Sedikit atau tidak ada penyelesaian
Originality (Keaslian)
4
Cara yang dipakai berbeda dan menarik. Cara yang hanya dipakai oleh satu atau dua siswa
3
Cara yang dipakai tidak biasa dan berhasil. Cara digunakan oleh sedikit siswa
2
Cara yang dipakai merupakan solusi soal tetapi masih umum
1
Cara yang digunakan bukan merupakan solusi persoalan


























KUNCI JAWABAN TES TERTULIS
No
Soal
Uraian Jawaban
Skor
min
Skor
maks
1.
Diberikan gambar selang berikut ini:
 
      





Tentukan nilai mutlak nya?


Untuk nilai mutlaknya adalah:
 3
 2

5

15
2.
Seorang anak bermain lompat-lompatan di lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke depan 2 langkah, kemudian 3 langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan, kemudian 1 langkah ke belakang, dan akhirnya 1 langkah ke belakang.
Permasalahan:
      a. Dapatkah kamu membuat    sketsa lompatan anak tersebut?
b. Tentukanlah berapa langkah posisi akhir anak tersebut dari posisi semula!
c. Tentukanlah berapa langkah yang dijalani anak tersebut!


|2| + |-3| + |2| + |-1| + |-1| = 9

c. 9 langkah



a.
 

10

40
3.
Gambarkan grafik f(x) = − 2 yang menyatakan besar simpangan pada titik x = 2!



X
-3
-2
-1
0
1
2
3
4
F(x)
5
4
3
2
1
0
1
2
(x,y)
-3,5
-2,4
-1,3
0,2
1,1
2,0
3,1
4,2
 





15

45

Total skor

30
100





Tidak ada komentar:

Posting Komentar